10 Misteri Besar yang Disimpan Alam Semesta Kita

Berikut ini 10 Misteri Besar yang disimpan Alam Semesta kita…

Sebagaimana yang disampaikan oleh NASA bila pihaknya telah memastikan keberadaan air di planet Mars, hal yang membuka kesempatan bagi umat manusia untuk berpetualang ke luar Bumi. Namun, diluar hal itu, masih banyak misteri lain menyangkut luar angkasa yang terus diteliti oleh ilmuwan. Berikut ini 10 hal sebagai contohnya:

1.  Pusat Alam Semesta Tidak Pernah Ada. Layaknya tata surya di mana Bumi berada, tentu banyak orang mengira bila alam semesta ini juga memiliki pusat. Tetapi, mengingat alam semesta terus bertambah besar, titik pusatnya menjadi tidak jelas. Bahkan ilmuwan yakin bila setiap jengkal alam semesta bisa saja dikatakan sebagai pusat alam semesta. Menariknya, jika Anda mengatakan diri Anda sendiri sebagai pusat alam semesta, hal itu bisa saja benar!

2.  Galaksi Saling Melarikan Diri. Percaya atau tidak, galaksi di alam semesta ini saling menjauh alias melarikan diri satu sama lain. Beberapa galaksi yang letaknya jauh dari Bima Sakti dikatakan ilmuwan tidak bisa lagi dilihat dari Bumi. Hal itu karena alam semesta sedang bertambah luas dengan cepat, maka galaksi-galaksi di dalamnya juga semakin menjauh. Akibatnya, cahaya dari galaksi-galaksi itu tidak bisa mencapai Bumi. Nah, ‘aksi melarikan diri galaksi’ ini masih jadi topik panas di dunia astronomi. 3.  Benda Paling Terang di Jagat Raya. Apakah bintang jadi obyek antariksa atau benda paling terang di alam semesta? Ternyata tidak. Gelar obyek antariksa paling terang menjadi milik Quasar. Quasar adalah inti galaksi aktif yang memiliki energi sangat besar. Dan quasar yang paling terkenal adalah Quasar 3C 273. Saking terangnya, bila quasar tersebut mendekat hingga jarak 33 tahun cahaya ke bumi, maka Bumi akan hancur terkena kekuatan cahayanya. Cahaya dari quasar ini disebut 4 triliun kali lebih terang dari matahari tata surya kita.

Quasar 3C 273

4.  Bintang Tercepat di Alam Semesta. Jika quasar adalah benda paling terang, maka Pulsar adalah bintang yang memiliki putaran paling cepat di alam semesta. Pulsar biasanya jauh lebih padat dari pada matahari. Pulsar tercepat adalah PSR J1748-2446. Bintang ini bisa berotasi penuh sekitar 716 kali dalam satu detik. Karena satu hari biasanya sama dengan satu rotasi penuh planet atau bintang, berarti setiap detiknya ada 716 hari baru di pulsar tersebut.

PSR J1748-2446

5.  Lubang Hitam Terbesar. Lubang hitam dengan nama NGC 1277 adalah Blackhole terbesar di alam semesta. Bahkan, lubang hitam tersebut mempunyai massa hingga 14 persen dari seluruh galaksi yang menjadi rumahnya. Seberapa besarkah galaksi tersebut? Silahkan membayangkan jika lubang hitam itu ditaruh di atas tata surya kita, maka panjang tepiannya akan 3 kali lebih jauh dari Pluto! Jadi tata surya kita bisa ditelan dalam sekejap oleh Blackhole NGC 1277.

Black Hole NGC 1277

Demikian 10 Fakta Alam Semesta yang Menyimpan Misteri Besar khususnya bagi para astronom dunia. Credits:

  • Quasar 3C 273: credit NASA/ESA and J. Bahcall (IAS).
  • Pulsar PSR J1748-2446: credit GALEX GR6/7.
  • Blackhole NGC-1277: credit NASA / ESA / Andrew C. Fabian / Remco C. E. van den Bosch (MPIA).
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *