Bentuk Bumi Ternyata Tidaklah Bulat Sempurna

Bumi adalah sebuah planet, tempat di mana manusia, hewan, dan tumbuhan bisa hidup karena memiliki air serta oksigen dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Jika membahas Bumi, pembahasan seputar bentuknya memanglah sangat menarik. Planet Bumi adalah salah satu rahasia alam semesta dan masih dipelajari, termasuk banyaknya orang dan ilmuwan percaya bahwa planet yang kita tinggali ini berbentuk bulat sempurna seperti bola. Namun ternyata, bentuk Bumi tidaklah bola yang sempurna melainkan agak sedikit lonjong seperti telur. Lantas, kenapa bentuk Bumi tidak bulat sempurna?

Selengkapnya..

Otak Astronot Berubah Setelah Kembali dari Luar Angkasa

Taukah kalian jika otak astronot bisa berubah setelah kembali dari luar angkasa?

Ilmuwan mengungkap ada perubahan pada otak astronot setelah berbulan-bulan kembali ke Bumi dari luar angkasa. Evaluasi terbaru dari efek melengkung gaya berat mikro pada biologi berfokus pada ruang di sekitar pembuluh darah yang berkelok-kelok melalui otak.

Para peneliti dari seluruh Amerika Serikat membandingkan serangkaian pemindaian Magnetic Resonance Image (MRI) dari 15 otak astronot yang diambil sebelum tinggal enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS), dan hingga enam bulan setelah mereka kembali.

Penerbangan luar angkasa jangka panjang dapat ‘meremas’ otak, menurut studi. (CNN)

Selengkapnya..

10 Misteri Besar yang Disimpan Alam Semesta Kita

Berikut ini 10 Misteri Besar yang disimpan Alam Semesta kita…

Sebagaimana yang disampaikan oleh NASA bila pihaknya telah memastikan keberadaan air di planet Mars, hal yang membuka kesempatan bagi umat manusia untuk berpetualang ke luar Bumi. Namun, diluar hal itu, masih banyak misteri lain menyangkut luar angkasa yang terus diteliti oleh ilmuwan. Berikut ini 10 hal sebagai contohnya: Selengkapnya..

Bagaimana Hujan Meteor Muncul?

Pernahkah Sahabat SKYWORLD TMII menyaksikan langsung Hujan Meteor? Bagaimana bisa bermunculan Hujan Meteor? Untuk memahami atau mendapat wawasan mengenai hal tersebut, yuk simak postingan artikel ini lebih lanjut.

Hujan Meteor

Namun sebelumnya, berikut ini ulasan singkat tentang jadwal kemunculan dari berbagai hujan meteor tersebut yang memiliki nama masing-masing yang akan muncul di tiap bulannya dalam periode tahun 2019 ini.
Selengkapnya..

Ternyata Warna Bumi itu Abu-Abu

Bumi-berwarna-abu-abu

Pencitraan satelit Himawari-8 tentang bumi (Japan Meteorological Agen)

Secara keseluruhan, planet bumi ini didominasi oleh air. Tidak heran jika Bumi terlihat berwarna biru bila dilihat dari ruang angkasa.

Namun, terungkap fakta bahwa wajah Bumi tak sepenuhnya berwarna biru melainkan abu-abu. Hal ini terungkap ketika satelit cuaca milik Jepang memotret wajah Bumi. Warna abu-abu merupakan warna alami wujud Bumi yang sebenarnya tanpa editing dan filter.
Selengkapnya..

Delapan Hal Menakjubkan Tata Surya Kita

Halo para Space Travelers, dapatkah membayangkan jika kita dapat melancong ke beberapa spot dalam tata surya kita ini? Seperti apakah?

Dengan mengintepretasikan data-data dari pesawat antariksa NASA seperti CASSINI; yang menjelajahi planet Saturnus, serta MESSENGER yang ada di orbit Merkurius seputar Maret 2011, gambar dan video ini bisa memberikan kepada kita berupa deskripsi tentang menakjubkannya delapan fenomena alam atau momen yang ada di Tata Surya kita, mari kita mulai melancong…
Selengkapnya..